Tuesday, March 7, 2017

Interactive Voice Response (IVR) Pada Cisco Router

Interactive Voice Response (IVR)

IVR terdiri dari pesan suara sederhana dan kumpulan digit untuk mengoleksi informasi panggilan (celler) guna mengauntentikasi user dan mengidentifikasi tujuan.

Aplikasi-aplikasi  IVR dapat diterapkan ke beberapa port tertentu atau di selenggarakan dalam basis Dialed Number Identification Service(DNIS).


Sebuah gateway PSTN (public switched telepone network) IP dapat memiliki sejumlah aplikasi IVR untukmengakomodasi multi layanan gateway berbeda, dan kita dapat mengostumasi aplikasi-aplikasi-aplikasi IVR tersebut guna merepresentasikan interface berbeda pada beragam panggilan.

Sistem-sistem IVR memberikan informasi dalam bentuk pesan terekam melalui line-line telepon. Pesan tersebut dipakai dalam rangka merrenspon input user dalam bentuk kata-kata terucap, lebih umum untuk signaling DTMF (Dual Tone Multifrequency).

Sebagai conto, saat seorang user membuat sebuah panggilan dengaan kartu debit, aplikasi IVR digunakan untuk mempersilahkan pemanggil (user/celler) memasukan informasi spesifik, seperti nomor rekening atau yang berhubungan. Setelah menampilkan suara untuk mempersilahkan user, aplikai IVR mengoleksi informasi nomor nada-nada sentuhan dan membawa panggilan menuju telepon atau tujuan.

Sejak diperkenalkan IVR menggunakan berbagai scrip TCL dalam rangka mengoleksi informasi dan memproses accounting dan biling.

Sejak dikenalkannya teknologi Cisco IVR, software ini telah mengalami beberapa peningkatan ana
tara lain :
  • Impelementasi paket sripting MGCP
  • Impelementasi klien Real Time Streaming Protocol (RTSP)
  • TCL IVR prompt playout dan koleksi digit dalam semua IP Cell legs 
  • Beragam kata kerja TCL baru untuk menggunakan fitur scipting RTSP dan MGCP.
Peningkatan tersebut memberikan beberapa keuntungan, terutama menambah skalabilitas dan memungkinkan penerapan fungsionalitas TCL IVR dalam beberapa leg VoIP. Dukungan untuk RTSP memungkinan gateway VoIP memainkan pesan server announcement RTSP. Disamping itu, peningkatan tersebut  dapat mereduksi load CPU dan menghemat memori dalam gateway. Promt yang besar dapat dengan baik dimainkan, dan kita memiliki kemungkinan untuk menggunakan server audio eksternal.

Semoga bermanfaat dan terima kasih 




EmoticonEmoticon