Friday, November 29, 2019

Soal Pilihan Ganda dan Jawaban Algoritma dan Pemprograman

Tags


dunia-komputer21.blogspot.com
1.Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan computer disebut ….
A. System Operasi           C. Spreadsheet              E. Bahasa Pemrograman
B. Software Utility          D. Word Processing

2. Dalam ekspresi Boolean yang harus diuji adalah nilai ….
 A. True/False*                 C. Up/Down               E. Height/Weight
 B. Right/Left                  D. On/Off      

3. Yang bukan merupakan ciri-ciri dari Pseudocode adalah ……..
A. Bervariabel                 C. Berfungsi seperti flowchart       E. Benar Semua
B. Bergambar                 D. Menjelaskan Algoritma

4.  Nama lain dari flowchart adalah ….
A.  Algoritma        B.  Alur      C. Bagan alir*  
D. Tree                  E. Diagram

5.Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data ..
A. Array            B. String            C. Record*        
D. Subrange      E. Character

Kunjungi Juga : Soal Pilihan Ganda dan Jawaban Algoritma dan pemprograman Dasar
6. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut
A. Algoritma*              C. Variabel                   E. Konstanta
B. Flowchart                D. Tipe data  

7. Tentukan manakah nama-nama variabel berikut ini yang benar !
A. nama.guru               C. 2x Buku                 E. Hargabuku
B. NamaGuru*            D. harga/buku

8. Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah*
B. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
C. Nilai dari suatu variabel
D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
E. Variabel yang nilainya kosong

9. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang  
    Digunakan adalah jenis ….
A. Gambar/image*            C. Record                  E. Char
B.  Array                           D. Boolean                                       

10. Bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
 A. 4          B. 3             C. 2            D. 1            E. 0*                     

11. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang
      menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
  A. Flowchart                C. Data flow                E. Coding
  B. Pseudocode*            D. Aplikasi                

12. Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
  A. 0            B. 1*         C. 2          D. 3            E.                         

13. Variabel yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkanadalah ….
 A. Algoritma        B. Konstanta       C. Variabel*       D. String       E. Boolean

14. Variabel logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT merupakan variabel dengan tipe data ….
 A. Array     B. Numerik      C. String      D. Boolean*    E. Algoritma

15.Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu dan bersifat homogen adalah ..…
A. Algoritma     B. Konstanta       C. Array*       D. String    E. Boolean

16. Yang menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
A. Data Flow       B. Data       C. Terminator*       D. Decision         E. Process      

17. Merupakan algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk 
      tertentu, adalah pengertian dari .....
  A. Algoritma        C. Pseudocode                 E. Konstanta
  B. Array               D. Flowchart*

18. Berfungsi untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
      variabel counter, adalah .....
  A. Terminator       C. Process              E. Preparation*                        
  B. Decision          D. Arrows

19. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
  A. Data Store            C. Connector     E.Decision*
  B. Process                 D. Terminator

20. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah pengertian dari …..
  A. Variabel*      B. Konstanta     C. Numerik     D. String    E.Boolean
                              
21. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika, adalah pengertian …..
  A. Variabel     B. Konstanta    C. Numerik       D. String      E.Boolean

22. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
       A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
       B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
       C. Nama variabel harus diawali dengan angka*
       D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
       E. Tidak boleh menggunakan spasi

23.  Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
A. Numeric            C. Date time           E. Integer
B. Varchar*            D. Array

24.Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah  menggunakan tipe data …..
A. Numeric             C. Date time*       E. Integer
B. Varchar               D. Array

25. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa algoritma harus mamiliki sifat ...
A. Cepat                 C. Rumit                E. Logis*
B. Berurutan           D. Realistis

26. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil.
A. Input*         C. File                E. Database                                                                                        B. Masalah           D. Proses

27. Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program adalah…
 A. Print                C. End*                  E. Start
 B. Writeln            D. Readln

28. Sintaks yang digunakan untuk menuliskan program adalah…
 A. Print               C. End                    E. Start
 B. Writeln*          D. Readln

29.Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat program komputer disebut…
A. Linier               C. Output            E. Serial
 B. Tipe Data*       D. Universal

30. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe data...
A. Boolean           C. Date Time          E. Numerik
B. Array                D. String / Char*

31. Const Phi = 3.14 adalah contoh untuk penggunaan …
A. Konstanta*        C. Flowchart          E. Long Int
B. Variabel             D. Integer

32. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain …..
A. Urutan, Pilihan, Pengulangan               D. Pemulihan,Urutan, Pemograman        
B. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan        E. Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan
C. Urutan, Pemulihan, Pengulangan

33. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara lain …….
A. Pengulangan             C. Pemulihan           E. Pengaturan
B. Perbaikan                 D. Pemograman

34. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan antara symbol yang satu dengan yang  lain  adalah Symbol…….
A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output      
B. Display                     D. Processing       

35. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah Symbol ……
A. Terminator              C. Flow Direction        E. Input-output      
B. Display                    D. Processing       

36. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output      
B. Display                     D. Processing

37. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output adalah Symbol …
A. Pilihan                 C. Urutan                     E. Pemograman
B. Pengulangan         D. Pemulihan

38. 5 Urutan proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
A. Head           Input            Proses        Output         End
B. Input           Loading        Proses        Output         Stop      
C. Start            Read             Proses        Output         Stop
D. Start            Read             Proses        Write            Stop
E. Head            Read            Loading      Write            End

ESSAY
1.Apa perbedaan algoritma dan flowchart ?
2.Sebutkan 3 cara menuliskan algoritma, jelaskan ?
3.Sebutkan aturan dalam pemberian nama variable ?
4.Sebutkan Min. 5 simbol pada flowchart dan sebutkan fungsinya ?
5.Terapkan source code C++ dibawah ini ke dalam aplikasi bahasa C++(masih dengan kelompok yang sama sebelumnya).
dunia-komputer21.blogspot.com

dunia-komputer21.blogspot.com

2 komentar


EmoticonEmoticon