Wednesday, November 9, 2016

Mengatur default tingkat kecerahan pada Ubuntu 12.04

Tags



Salah satu masalah yang saya hadapi ketika menggunakan Ubuntu 12.04 sulit untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara default, sehingga setiap kali laptop saya restart akan kembali kepada tingkat kecerahan maksimal, dan hal itu membuat laptop saya cukup boros dalam konsumsi baterai.

nah dalam postingan kali ini saya akan bahas bagaimana cara mengatur tingkat kecerahan pada Ubuntu 12.04 secara default.

Ok, pertama-tama yang harus perlu kita ketahui adalah mengetahui nilai kecerahan maksimum pada laptop kita.

Masuk ke folder sile system /sys/class/backlight











Dalam hal ini kartu grafis saya adalah Intel *berbeda-beda tergantung kartu grafis masing-masing misal nvidia, ati, dll.

Buka folder yang ada di /sys/class/backlight













Untuk mengetahui nilai kecerahan maksimum pada laptop kita dapat kita lihat pada max_brigthness. tertera di laptop saya nilai ukuran kecerahan maksimumnya adalah 4648.

Setelah itu tinggal kita mengatur brigthness yang kita inginkan, *misal nilai kecerahan defaul ingin kita set menjadi 2328.

Buka terminal Ctrl + Alt + t dan ketikan 
sudo gedit /etc/rc.loca

Masukan password pada terminal dan tunggu sehingga terbuka file rc.local seperti dibawah ini:















Edit dan tambahkan kode dibawah ini sebelum code exit 0

echo 2328 > /sys/class/backlight/intel_
backlight/brightness

*kode diatas disesuaikan dengan folder dimana file brightness berada.

Lalu setelah itu Save dan restart PC anda. Semoga bermanfaat. :)







EmoticonEmoticon