Wednesday, November 30, 2016

Konsep Dasar TCP/IP Jaringan

Konsep data merupakan proses pengiriman data dari satu komputer ke komputer yang lain dalam melakukan komunikasi pada komputer perlu ditambahkan alat khusus yang di sebut dengan network interfaces (interface Jaringan). Network interface ini bermacam-macam jenisnya tergantung pada media fisik yang digunakan untuk melakukan transfer data. 
Ketika jaringan terhubung tidak berada pada jaringan lokal,berada jarak yang jauh maka perlu mekanisme untuk mengirim data agar data tidak hilang atau rusak. Mekanisme yang dilakukan oleh ahli jaringan adalah memecahkan masalah tersebut menjadi bagian yang lebih kecil. 

Kemudian setiap problem komunikasi data di buatkan solusi khusus untuk setiap problem berupa aturan-aturan. aturan-aturan yang mengatur komunikasi data tesebut disebut dengan protocol komunikasi data. Protocol komunikasi data ini merupakan sekumpulan protocol data yang dalam implementasinya berupa software dalam komputer dan peralatan komputer lainnya. TCP/IP adalah sekumpulan protocol yang di desain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada Wide Area Network. 

Sekumpulan protocol tersebut bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data. Protocol yang satu tidak perlu mengetahui cara kerja protocol lain sepanjang ia masih dapat mengirim data dan menerima data. dengan pinsip ini protocol TCP/IP lebih menjadi lebih fleksibel.

Protocol TCP/IP terdiri dari empat layer kumpulan protocol yaitu :

1. Network Interface Layer
    Bertanggung jawab menerima dan mengirim data dari dan ke media fisik. Media fisik dapat 
    berupa kabel, serat optic, atau gelombang radio.

2. Internet Layer 
    Bertanggung jawaboto dalam melakukan proses pengirim paket ke alamat yang tetap. Protocol 
    pada layer ini adalah IP, ARP dan ICMP.

3. Transport layer
    Bertaggung jawab dalam melakukan proses pengirim paket ke alamat yang tetap. Protocol 
    pada layer ini adalah TCP(Transminsson Control Protocol) dan UDP(User Datagram Protocol)

4. Aplication Layer
    Merupakan layer tempat semua aplikasi yang menggunakan protocol TCP/IP, Seperti FTP, 
    web Browser, Telnet dan lain sebagainya. Baca Juga Ip Address
 


EmoticonEmoticon