Sunday, December 17, 2017

Istilah Populer dalam SO Linux

Tags



Istilah Populer dalam  SO Linux  


  1. GNU, merupakan singkatan dari GNU’s Not Unix, GNU merupakan sebuah sistem operasi yang mengadopsi sistem Unix (dikenal dengan sebutan Unix-like), dan pertama kali dikembangkan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman. Dalam GNU ini, sudah dibenamkan sistem GUI (Graphical-based User Interface) yang berfungsi memudahkan para user untuk berinteraksi dengan OS GNU.
  2. GNOME, merupakan singkatan dari GNU Network Object Model Environment, yaitu sebuah media lingkungan desktop komputer untuk fasilitas GUI-nya Linux, yang juga merupakan bagian dari proyek GNU. Desktop ini dikembangkan oleh Miguel deIcaza dan Federico Mena, programmer dari Meksiko. GNOME merupakan desktop interface yang cukup dikenal dan sudah menjadi basic dari pengembangan desktop environment.
  3. CUI, atau Character-based User Interface, merupakan tipikal operating system yang menggunakan perintah dengan text-command. Dalam hal ini, distro Linux menggunakan basic perintah CUI. Meski sebagian besar distro Linux sudah mengakomodasi mode GUI, namun prinsip dasar Linux masih CUI.
  4. Root, merupakan direktori dasar yang dibangun pada sistem operasi Unix maupun Linux. Root ini dapat dibayangkan sebagai semesta Linux, dengan semua data berada di dalamnya. Di dalam Root, user bisa melakukan perintah apa saja, mulai membuat direktori dan sub-direktori, membuat user, dan lain sebagainya.
  5. APT, atau Advance Packaging Tool, merupakan aplikasi berbasis command line yang dapat digunakan untuk menangani urusan instalasi dan uninstall paket software berbasis distro debian dan turunannya. APT mempermudah proses manajemen software pada sistem berbasis Unix dengan melakukan pengambilan ketergantungan paket yang dibutuhkan secara otomatis, melakukan konfigurasi, dan instalasi paket dalam bentuk binary atau dengan melakukan kompilasi paket source ckode.
  6. Sudo, ini adalah sebuah perintah dalam command-line Linux. Apabila user memiliki akses root, maka Sudo sudah akan melakukan perintah sebagai super-user. Pengguna Sudo dan perintah-perintah yang dapat digunakan terdapat pada file konfigurasi. Jika pengguna tidak berhak mencoba menjalankan perintah, maka Sudo akan menghubungi administrator melalui email.
  7. Desktop Environment, merupakan gaya grafis antarmuka pengguna yang memperlihatkan kiasan desktop pada layar komputer modern. Ini adalah alternatif yang paling populer dalam CLI (Command Line Interface) yang terbatas bagi pakar komputer. Pengembang desktop environment adalah Apple Inc., sedangkan pembuatnya adalah Xerox.
  8. Kernel, adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dalam sebuah sistem operasi. Tugas kernel adalah mengakses hardware secara aman dan yang sedang aktif, atau sebagai jembatan antara software dan hardware. Dalam dunia komputer, istilah Linux selalu merujuk pada istilah Kernel, yang ditulis oleh Linus Torvalds pada awal tahun 1990-an.
  9. Terminal, merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk memberikan perintah kepada sistem operasi dengan serangkaian perintah yang dimasukkan melalui keyboard dan monitor. Terminal digunakan sebagai antarmuka untuk mengontrol sistem operasi Linux.
  10. Shell, merupakan area kerja yang menjadi tampilan interface atau sebagai penghubung antara pengguna saat memberikan sebuah perintah kepada komputer dengan sistem operasi Linux, yang berupa perintah tunggal berbasis teks
Baca Juga : 

Sejarah Linux 
Pengertian Linux 
Macam-Macam Sistem Oprasi Linux

Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon